Selasa, 08 Maret 2011

Ini Dia Ternyata Botok Malah Timbulkan Kerutan!


Sebagian wanita rela mengorbankan waktu dan uang untuk melakukan perawatan wajah agar selalu tampil awet muda. Suntik botoks merupakan salah satu jenis perawatan untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Toksin yang disuntikkan di bawah kulit ini dapat melumpuhkan otot wajah, menghaluskan garis-garis dan kerutan. Banyak perempuan memilih perawatan ini sebagai langkah untuk terlihat awet muda.

Namun sebuah studi terbaru mematahkan anggapan ini. Peneliti di Amerika Serikat menunjukkan bahwa toksin itu justru dapat menyebabkan keriput muncul lebih banyak.

Dalam Journal of Cosmetic Dermatology, Dr Becker, Asisten Profesor Dermatologi di Weill Cornell Medical College di New York, menulis bahwa kelompok otot yang tidak mendapat suntik Botoks masih akan menemukan cara untuk membuat ekspresi, yang mengarah kepada munculnya lebih banyak garis-garis kerutan.

"Kelumpuhan dari satu set otot mungkin mengakibatkan perekrutan kelompok otot lainnya dalam upaya mereproduksi aktivitas yang dikondisikan untuk diblokir - menghasilkan aktivitas otot yang lebih menonjol di daerah yang berdekatan," jelas Dr Becker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar